Empat Pesepakbola Muda Jakarta Berpeluang ke Arsenal


Tunas Garuda

Empat pemain sepak bola muda usia 14-16 asal Jakarta dan sekitarnya yang tergabung dalam Tunas Garuda berpeluang mendapatkan kesempatan berlatih di klub Arsenal Inggris.

Penggagas program tunas Garuda, Anas Urbaningrum di Jakarta, Jumat (15/7/2011), mengatakan empat anak asal Jakarta ini akan bergabung dengan 32 pemain lain hasil seleksi di delapan kota sebelumnya.

"Ini adalah seleksi terakhir. Selanjutnya hasil seleksi ini akan terus dipantau hingga jumlahnya tinggal 18 pemain yang selanjutnya akan dikirim ke Arsenal," katanya di sela pendaftaran Tunas Garuda di Lapangan B Gelora Bung Karno Jakarta.

Menurut dia, pencarian bakat pemain muda yang dilakukan adalah salah satu bentuk tanggung jawab moral atas kegelisahan dengan minimnya prestasi sepak bola Indonesia saat ini.

Melalui program Tunas Garuda, kata dia, diharapkan mampu mendapatkan pemain bertalenta yang nantinya bisa menyumbangkan kemampuan yang dimiliki pada timnas Merah Putih.

"Selama di Arsenal, pemain terpilih akan punya kesempatan melawan tim Arsenal Junior. Selain itu juga mendapatkan kesempatan melihat secara langsung pertandingan Liga Inggris," kata Ketua Umum Partai Demokrat.

Ditanya kelanjutan program Tunas Garuda setelah menyelesaikan pelatihan di Arsenal Inggris, Anas belum menjelaskan secara rinci program kelanjutan itu. Hanya saja, politisi muda ini menegaskan pemain terbaik pasti akan dilirik oleh tim maupun timnas.

"Seperti pemain Primaveri dan Baretti. Semua pemain itu banyak dilirik tim maupun masuk timnas. Itu salah satu harapan Tunas Garuda," katanya sebelum turun bertanding melawan tim Selebriti.

Sementara itu petinggi SSI Arsenal yang terlibat pada proses seleksi, Iman Arif menegaskan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon pemain. Selain mempunyai skill mumpuni juga harus lolos tes kesehatan.

"Yang terpilih memang bukan yang terbaik. Butuh proses panjang untuk memantaunya," katanya di sela proses pendaftaran.

Menurut dia, meski seleksinya singkat, pihaknya akan semaksimal mungkin dalam melakukan proses penilaian karena yang terlibat adalah orang-orang terpilih dan berpengalaman seperti Rully Nere dan beberapa mantan pemain asing.

Saat ini proses pendaftaran Tunas Garuda masih berlangsung. Hingga pukul 11:00 WIB jumlah pendaftar yang masuk mencapai 500 anak usia 14-16. Selanjutnya dalam dua hari kedepan akan melakukan seleksi dan hasilnya akan diumumkan Minggu (17/7).

Rencananya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan menutup seleksi sekaligus mengumumkan hasilnya.

0 komentar: